Foto : Ilustrasi (Ist).

Jakarta, Beritakotanews.com: Semakin meningkatnya warga masyarakat yang terpapar Corona, membuat ketersediaan ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) sangat menghawatirkan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Satuan Tugas Penanganan covid-19 yang menyatakan pandemi virus corona di Indonesia sudah memasuki dalam kondisi darurat.

“Terus meningkatnya warga masyarakat yang terpapar, ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) sudah terbatas,” Jelas Satgas Covid-19 yang disampaikan oleh Wiku Adisasmito, Selasa 5/1/2021.

Jubir covid-19, Wiku menyampaikan ini sebagai peringatan kepada masyarakat bahwa kondisi pandemi covid-19 di Indonesia sudah memasuki tingkaĊ£ darurat. Ini semua sebagai perhatian umum.

Penuhnya tempat isolasi dan ICU Di beberapa daerah, sambung Wiku, sudah melebihi 70 persen. Kondisi ini terpantau pada 2 Januari 2021.

“Diantaranya terjadi di DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah,” ujar Wiku saat jumpa pers, Selasa (5/1/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Wiku mengingatkan jika ruang ICU dan isolasi ditambah, bukan berarti masalah teratasi.

“Tidak semudah itu, kita mesti juga menyiapkan tenaga kesehatanya, akomodasi dan lain-lainya, apalagi sampai saat ini banyak nakes yang sudah meninggal, tentu menjadi kelangkaan nakes juga,” jelasnya.

Dari keterangan yang tercatat, ada 7445 kasus baru yang terkonfirmasi pisitif, sehingga dari penambahan ini, total kasus terkonfirmasi positif Corona di Indonesia per 05 Januari 2020 pukul 12:00 WIB sebanyak 779.548 kasus.

Sementara itu, ada penambahan kasus sembuh sebanyak 6.643 orang. Sehingga total kasus sembuh sebanyak 645.746 orang.

Sedangkan kasus meninggal dunia bertambah 198 kasus, total kasus meninggal dunia menjadi sebanyak 23.109 kasus.(kompas).