Jakarta, Beritakotanews.id : Lebaran Betawi Hadir Lagi, Makin Seru, Banyak Atraksi. Dengan mengusung tema “Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju”, Lebaran Betawi yang beberapa tahun terakhir tiarap karena pandemi, bakal digelar lagi pada 20-21 Mei 2023.

Bagi nyak-babe, ncang-ncing, abang-mpok, dan segenap warga ibu kota yang kangen keramaian warga ala Lebaran Betawi, inilah saatnya kembali menjadikan kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai ajang silaturrahmi, sambil menghibur diri dengan menikmati berbagai atraksi.

“Lebaran Betawi cara orang Betawi memaknai silaturahmi paska Hari Raya Idul Fitri. Silaturahmi butuh ruang dan waktu, terlebih di Jakarta yang bergelar megacity. Orang-orangnya sibuk berkarya, sehingga kadang lupa untuk saling sapa. Di Lebaran Betawi inilah, bukan hanya orang Betawi, tapi sesama warga Jakarta dapat bertemu dan saling berinteraksi, termasuk dengan elemen-elemen Pemda DKI,” jelas H. Beky Mardani, Ketua Panitia Lebaran Betawi kali ini.

Suguhan spesial di Lebaran Betawi tahun ini adalah atraksi “Hantaran” atau “Anteran”. Anteran merupakan tradisi masyarakat Betawi saat Lebaran, yang digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua, dengan membawa anteran, gegawan, hadiah yang berbentuk makanan khas seperti dodol, geplak, wajik, semur daging, dan banyak lagi.

Selama dua hari, sejumlah acara menarik menanti pengunjung. Mulai atraksi bedug hingga penampilan apik Tanjidor, Samrah, dan Gambang Keromong. Tak ketinggalan, Keroncong Betawi dan Kerontjong Toegoe yang legendaris. Setelah penampilan Band Betawi, keriaan hari pertama bakal ditutup dengan pemutaran Layar Tancep. Asyik banget buat bernostalgia.

Pada hari berikutnya dijadwalkan pertunjukan Palang Pintu. Setelah itu, pengunjung dapat menyaksikan Parade Budaya Betawi yang diramaikan oleh ondel-ondel, rombongan penari, dan para pesilat. Hari kedua bakal ditutup dengan penampilan Lenong yang siap mengocok perut pengunjung. Abang-mpok yang ingin malam mingguan di Lebaran Betawi dijamin malam minggunya kagak bakal kelabu.

Atraksi dan penampilan-penampilan tadi dimulai sejak pagi, pukul 08.00 WIB sampai selesai. Tanpa ada biaya, alias gratis. Sambil menikmati hiburan yang disajikan di atas panggung, pengunjung juga dapat menikmati kelezatan kuliner khas Betawi, membeli beragam suvenir menarik, dan membawa pulang berbagai aksesoris unik Betawi yang dijual di bazar.

Sebagai informasi, Lebaran Betawi ini merupakan agenda tahunan yang idenya murni datang dari masyarakat Betawi, diselenggarakan oleh Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB). Secara teknis, pelaksanaannya didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, serta organisasi kemasyarakatan dan sanggar-sanggar yang tergabung dalam MAPKB.

Begitu banyaknya pihak yang terlibat. Tak heran jika banyak yang menyebut Lebaran Betawi sebagai pesta warga, karena dipersembahkan oleh hasil kolaborasi Pemda dan warga, untuk warga. Tak heran juga jika panitia memperkirakan acara ini bakal dibanjiri puluhan ribu warga setiap harinya. Selamat datang di Lebaran Betawi, yang tidak hanya menyediakan ruang silaturahmi, tapi juga tekad kuat menjaga tradisi. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *